Kukerta Periode III

Tulisan asli dari http://www.bungoteboekspres.com/berita-2501-umb-lepas-mahasiswa-kukerta.html

Kamis, 14 April 2011 | 01:05:46 WIB
UMB Lepas Mahasiswa Kukerta

UNIVERSITAS Muara Bungo (UMB ) kemarin (13/4) melepas secara resmi mahasiswa yang akan melakukan kuliah kerja nyata atau  Kukerta. Acara pelepasan ini dilaksanakan di kampus B Universita Muara Bungo, dengan di hadiri langsung oleh ketua yayasan, Usman Hasan, Rektor UMB Khairun A Roni, dan asisten III, Harmain, yang juga sekaligus melepas mahasiswa Kukerta.

Sementara itu, Usman Hasan, Ketua Yayasan, dalam pengarahannya mengatakan, kepada seluruh mahasiswa yang akan melakukan Kukerta, bahwasanya kegiatan Kukerta ini akan dilakukan selama delapan minggu, dengan tujuan 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo. Kepada seluruh mahasiswa Kukerta agar melasanakan kegiata ini dengan sebaik mungkin karena Kukerta adalah merupakan kegiatan bagian dari perkuliahan yang wajib diikuti.

“Ikutilah kegiatan Kukerta ini dengan sebaik mungkin, karena kukerta juga merupakan kegiatan yang wajib diikuti karena merupakan bagian dari penilain perkuliahan, selain itu, kami berharap dengan kukerta ini, mahasiswa bisa berperan aktif, bagaimana merubah sikap atau cara berfikir masyarakat kearah yang lebih baik,”terang Usman Hasan
Lebih lanjut ia mengatakan, kepada seluruh mahasiswa kukerta, agar nantinya bisa membantu masyarakat desa dalam menyempurnakan kegiatan beradministrasi, karena saat ini, masyarakat desa banyak sekali yang tidak faham dalam administrasi, sehingga
menimbulkan gaya hidup yang sangat konsumtif, ujarnya.

Senada dengan itu, Rektor UMB Khairun A. Roni, dalam sambutanya juga mengatakan, dalam Kukerta nanti mahasiswa diharapkan bisa membantu masyarakat desa, salah stunya menerapkan perubahan sikap prilaku yang tidak konsumtif, mengingat saat ini masyarakat desa yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani karet dan sawit, sangat konsumtif, dalam melakukan kehidupannya, sebagi contoh masyarakat desa saat ini, dalam satu kepala keluarga bisa memiliki empat kendaraan, tapi kurang memikirkan masa depan anaknya.

“Kami berharap mahasiswa kukerta tidak hanya menerapkan, ilmu yang telah didapat dibangku kuliah, yang sesuai dengan jurusan, namun diluar itu banyak juga yang penting yang harus di ajarkan terhadap masyarakat desa, bidang kesehatan, peduli terhadap kebersihan lingkungan,”tutur Khairun.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwasanya UMB, memiliki fakultas pertanian, untuk itu, diharapkan kepada mahasiswa kukerta fakultas pertanian agar bisa mengajarkan kepada masyarakat desa dalam memanfaatkan tanah mereka yang masih kosong, untuk di manfaatkan dengan seefektif mungkin, sehingga bisa dimanfaatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *