Profil LPPM UMB

Visi

Menjadi unit akademik berkualitas Nasional, mengabdikan ilmu dan teknologi yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu  Pengetahuan dan teknologi, proses pengajaran, dan kemajuan kualitas hidup manusia umumnya sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi

  • Meningkatkan kemampuan dan peran serta dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pemberdayaan kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kemandirian lembaga, pusat penelitian dan pemberdayaan kepada masyarakat.
  • Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian melalui seminar, lokakarya, Publikasi jurnal, dan media lainnya sehingga mencapai sasaran Seluas-luasnya.
  • Mengembangkan dan mewujudkan produk-produk Unggulan hasil penelitian dan pemberdayaan kepada masyarakat.
  • Mengembangkan penelitian unggulan dan publikasi seluasnya.
  • Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat  yang professional, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, dan teruji.

Tujuan dan Sasaran

  • Pemanfaatan institusi, fungsi dan peran Universitas Muara Bungo dalam Bidang penelitian dan Pengabdian  kepada masyarakat.
  • Mengembangkan keterampilan profesional, sikap dan perilaku SDM dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memacu untuk meningkatkan  kualitas, kuantitas penelitian , pengabdian kepada masyarakat  serta  kegiatan ilmiah lainnya, pelatihan, konsultasi, seminar, dan jaringan informasi.
  • Mengembangkan kegiatan kerjasama penelitian dan pengabdian dengan instansi lain.
  • v  Mengembangkan kualitas artikel, jurnal dan publikasi secara berkelanjutan.

Program- Program dan Tugas Pokok Lembaga Bidang Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah payung institusi bagi Penelitian dan pusat Pengabdian kepada Masyarakat di Universitas Muara Bungo. Secara umum LPPM mengemban tugas mengkoordinasi serta mengorganisir  pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Universitas Muara Bungo, khususnya darma penelitian dan darma pengabdian masyarakat. Bingkai kerja Lembaga Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat dalam institusi LPPM adalah sebagai berikut :

BIDANG PENELITIAN

A.      Internal

Mengkoordinir dan membantu menanggulangi masalah-masalah dalam pelaksanaan penelitian di Fakultas/ Prodi dan pusat-pusat studi, membantu meningkatkan kemampuan meneliti para dosen dengan  mengadakan penataran, pelatihan dan kegiatan ilmiah untuk diseminasi dan pembahasan hasil penelitian, membantu peneliti dalam hal etika, tema-tema dan metodologi penelitian, serta HAKI, membantu kerjasama antar dosen dan antar unit/Fakultas untuk melakukan kajian-kajian lintas disiplin, membantu peneliti  dalam publikasi hasil penelitian.

B.       Eksternal

Mendapatkan imformasi yang berkaitan dengan penelitian,misalnya Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi – DEPDIKBUD (Imformasi tentang Hibah Bersaing, dan lain-lain dana penelitian yang terbuka bagi PTS ), juga dengan instansi pemerintah, non- pemerintah, dan donor internasional lainnya, mengembangkan jejaring dan kerjasama  penelitian bersama dengan Perguruan Tinggi lain di seluruh Indonesia.

Bidang Pengabdian Masyarakat

A.      Internal

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,    kegiatan pengabdian masyarakat:

Membantu Fakultas/Prodi dan Dosen dalam mengkoordinir dan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat serta Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) agar mendapatkan sasaran yang tepat dan berjangka panjang, mengembangkan kemampuan mahasiswa dan dosen dalam pembangunan masyarakat.

B.       Eksternal

Mengembangkan kerjasama pelaksanaan pengbadian masyarakat atau kelompok-kelompok tertentu, mengembangkan program-program pelatihan dan pendidikan (Kursus) bagi penigkatan  kapasitas masyarakat, mengembangkan  kerjasama dengan pihak-pihak seperti Pemprov DKI Jakarta, Perusahaan – perusahaan swasta, DIKTI, dan donor dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *